cara mencegah leukoplakia


Dengan leukoplakia (loo-koh-MAIN-kunci-uh), menebal, bercak putih terbentuk pada gusi Anda, bagian dalam pipi Anda, bagian bawah mulut Anda dan, kadang-kadang, lidah Anda. Tambalan ini tidak dapat dihapus.

Dokter tidak tahu apa yang menyebabkan leukoplakia tetapi menganggap iritasi kronis dari tembakau - apakah merokok, dicelupkan atau dikunyah - menjadi penyebab utama dalam perkembangannya.

Sebagian besar bercak leukoplakia bersifat non-kanker (jinak), meskipun beberapa menunjukkan tanda-tanda awal kanker. Kanker di bagian bawah mulut dapat terjadi di sebelah area leukoplakia. Dan area putih bercampur dengan area merah (speckled leukoplakia) dapat mengindikasikan potensi kanker. Jadi yang terbaik adalah menemui dokter gigi atau profesional perawatan primer jika Anda memiliki perubahan yang tidak biasa dan gigih di mulut Anda.

Suatu jenis leukoplakia yang disebut hairy leukoplakia, kadang-kadang disebut hairy leukoplakia, terutama menyerang orang-orang yang sistem kekebalannya telah dilemahkan oleh penyakit, terutama HIV / AIDS.

Gejala

Leukoplakia biasanya terjadi pada gusi Anda, bagian dalam pipi Anda, bagian bawah mulut Anda - di bawah lidah - dan, kadang-kadang, lidah Anda. Biasanya tidak menyakitkan dan mungkin tidak diperhatikan untuk sementara waktu.

Menurut Artria leukoplakia dapat muncul karena:

  • Bercak putih atau keabu-abuan yang tidak bisa dihapus
  • Tidak teratur atau bertekstur rata
  • Mengental atau mengeras di area
  • Bersamaan dengan peningkatan, lesi merah (speckled leukoplakia atau erythroplakia), yang lebih cenderung menunjukkan perubahan prekanker

Leukoplakia berambut

Leukoplakia berambut menyebabkan bercak putih kabur yang menyerupai lipatan atau tonjolan, biasanya di sisi lidah Anda. Ini sering keliru untuk oral thrush, infeksi yang ditandai oleh bercak putih krem ​​yang dapat dihapus, yang juga umum pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Kapan harus ke dokter

Meskipun leukoplakia biasanya tidak menyebabkan ketidaknyamanan, kadang-kadang dapat mengindikasikan kondisi yang lebih serius.

Temui dokter gigi atau profesional perawatan primer Anda jika Anda memiliki salah satu dari yang berikut:

  • Plak atau luka putih di mulut Anda yang tidak sembuh dengan sendirinya dalam waktu dua minggu
  • Benjolan atau bercak putih, merah atau gelap di mulut Anda
  • Perubahan terus-menerus pada jaringan mulut Anda
  • Sakit telinga saat menelan
  • Pengurangan progresif dalam kemampuan untuk membuka rahang Anda

Penyebab

Meskipun penyebab leukoplakia tidak diketahui, iritasi kronis, seperti dari penggunaan tembakau, termasuk merokok dan mengunyah, tampaknya bertanggung jawab untuk sebagian besar kasus. Seringkali, pengguna reguler produk tembakau tanpa asap akhirnya mengembangkan leukoplakia di mana mereka memegang tembakau di pipi mereka.

Penyebab lain mungkin termasuk iritasi kronis dari:

  • Gigi bergerigi, patah atau tajam menggosok permukaan lidah
  • Gigi palsu yang rusak atau tidak pas
  • Penggunaan alkohol jangka panjang

Dokter gigi Anda dapat berbicara dengan Anda tentang apa yang mungkin menyebabkan leukoplakia dalam kasus Anda.

Leukoplakia berambut

Leukoplakia berambut hasil dari infeksi dengan virus Epstein-Barr (EBV). Setelah Anda terinfeksi EBV, virus tetap ada di tubuh Anda seumur hidup. Biasanya, virus tidak aktif, tetapi jika sistem kekebalan Anda melemah, terutama dari HIV / AIDS, virus dapat menjadi aktif kembali, yang mengarah ke kondisi seperti leukoplakia berbulu.

Faktor risiko

Penggunaan tembakau, khususnya tembakau tanpa asap, menempatkan Anda pada risiko tinggi leukoplakia dan kanker mulut. Penggunaan alkohol jangka panjang meningkatkan risiko Anda, dan minum alkohol yang dikombinasikan dengan merokok meningkatkan risiko Anda lebih banyak lagi.

Leukoplakia berambut

Orang dengan HIV / AIDS sangat mungkin mengembangkan leukoplakia berambut. Walaupun penggunaan obat antiretroviral telah mengurangi jumlah kasus, leukoplakia berbulu masih mempengaruhi sejumlah orang HIV-positif, dan mungkin merupakan salah satu tanda pertama infeksi HIV.

Komplikasi

Leukoplakia biasanya tidak menyebabkan kerusakan permanen pada jaringan di mulut Anda. Namun, leukoplakia meningkatkan risiko kanker mulut. Kanker mulut sering terbentuk di dekat tambalan leukoplakia, dan tambalan itu sendiri dapat menunjukkan perubahan kanker. Bahkan setelah tambalan leukoplakia dihilangkan, risiko kanker mulut tetap ada.

Leukoplakia berambut

Leukoplakia berambut tidak mungkin menyebabkan kanker. Tetapi ini mungkin mengindikasikan HIV / AIDS.


Pencegahan
Anda mungkin dapat mencegah leukoplakia jika Anda menghindari semua produk tembakau atau penggunaan alkohol. Bicaralah dengan dokter Anda tentang metode untuk membantu Anda berhenti. Jika Anda terus merokok atau mengunyah tembakau atau minum alkohol, sering-seringlah mengunjungi dokter gigi. Kanker mulut biasanya tidak menimbulkan rasa sakit sampai cukup lanjut, jadi berhenti merokok dan alkohol adalah strategi pencegahan yang lebih baik.

Leukoplakia berambut

Jika Anda memiliki sistem kekebalan yang melemah, Anda mungkin tidak dapat mencegah leukoplakia berambut, tetapi mengidentifikasinya secara dini dapat membantu Anda menerima perawatan yang tepat.

Kunjungi juga:


Subscribe to receive free email updates: