Apa Itu Lentigo Maligna Melanoma? Ini Penjelasannya!

Lentigo adalah jenis kanker kulit invasif. Ini berkembang dari lentigo maligna, yang kadang-kadang disebut bintik melanosis Hutchinson. Lentigo maligna tetap berada di permukaan luar kulit. Ketika mulai tumbuh di bawah permukaan kulit, itu menjadi lentigo maligna melanoma. Ini adalah jenis melanoma yang paling tidak umum .

Lentigo maligna tumbuh perlahan dan biasanya tidak berbahaya, tetapi melanoma lentigo maligna dapat menyebar secara agresif. Penting untuk mengenali gejala-gejala dari lentigo maligna melanoma sehingga Anda dapat mencari pengobatan sejak dini.

Seperti apa bentuk lentigo maligna melanoma?
Gejala visual dari lentigo maligna melanoma sangat mirip dengan yang dimiliki oleh lentigo maligna. Keduanya terlihat seperti bercak cokelat datar atau sedikit terangkat, mirip dengan bintik atau bintik usia . Mereka memiliki permukaan yang halus dan bentuk yang tidak teratur. Meskipun biasanya berwarna cokelat, mereka juga bisa berwarna merah muda, merah, atau putih.

Dibandingkan dengan jenis kanker kulit lainnya, lentigo maligna dan lentigo maligna melanoma berada di sisi yang lebih besar. Mereka cenderung memiliki lebar setidaknya 6 milimeter (mm) dan dapat tumbuh hingga beberapa sentimeter. Kebanyakan orang dengan kondisi apa pun memilikinya di leher atau wajah mereka, terutama hidung dan pipi mereka.

Sulit untuk mengatakan melanoma lentigo maligna dari bintik atau usia dengan melihatnya. Untuk membantu, Anda dapat menggunakan trik yang dikenal sebagai "ABCDE" kanker kulit. Jika bercak kanker, kemungkinan memiliki gejala berikut:

Sebuah simetri: Dua bagian dari tempat tidak cocok.
B order: Tepi luar spot bergerigi atau tidak beraturan.
C olor: Ini termasuk warna hitam, merah, atau biru.
D iameter: Lebih lebar dari 6 mm.
E volving: Ukuran, bentuk, atau warnanya berubah.
Sulit juga membedakan secara visual antara lentigo maligna dan lentigo maligna melanoma. Mengawasi tanda-tanda ini yang mungkin mengindikasikan lentigo maligna melanoma:
  • peningkatan ketebalan
  • banyak warna, terutama hitam dan biru
  • berdarah
  • gatal
  • pedas

Apa yang menyebabkan lentigo maligna melanoma?
Penyebab pasti dari lentigo maligna melanoma tidak diketahui, tetapi paparan sinar matahari adalah faktor risiko terbesar untuk mengembangkannya. Itu membuat orang dengan kulit yang rusak akibat sinar matahari dan mereka yang menghabiskan banyak waktu di luar berisiko lebih tinggi. Faktor risiko lain untuk mengembangkan lentigo maligna melanoma termasuk:
  • kulit putih atau cerah
  • riwayat keluarga dengan kanker kulit
  • menjadi laki-laki
  • berusia lebih dari 60 tahun
  • memiliki riwayat bintik-bintik kulit non-kanker atau pra-kanker

Bagaimana cara diagnosa lentigo maligna melanoma?
Setelah meninjau riwayat medis Anda dan melakukan pemeriksaan fisik, dokter Anda mungkin merujuk Anda ke dokter kulit atau spesialis lainnya. Mereka mungkin menggunakan dermatoscope, yang menggabungkan lensa pembesar dengan cahaya terang, untuk mendapatkan tempat yang lebih baik. Dokter Anda mungkin juga melakukan biopsi. Ini melibatkan menghilangkan semua atau sepotong tempat untuk melihat apakah ia memiliki sel kanker.

Jika tempat itu tampak seperti melanoma lentigo maligna, dokter Anda mungkin juga melakukan biopsi kelenjar getah bening sentinel untuk melihat seberapa jauh penyebarannya: Pertama-tama mereka membuang beberapa kelenjar getah bening di sekitarnya, dan kemudian memeriksanya untuk kanker. Sebuah CT scan atau MRI juga dapat menunjukkan tanda-tanda penyebaran.

Jika Anda didiagnosis dengan lentigo maligna melanoma, dokter Artria akan menentukan stadiumnya, yang mencerminkan seberapa seriusnya. Ketebalan Breslow, yang merupakan ketebalan titik, membantu menentukan stadium kanker kulit. Tingkat invasi Clark, yaitu berapa banyak lapisan kulit yang terlibat dalam kanker, juga dapat membantu menentukan stadium kanker. Stadium-stadium kanker kulit berkisar dari 0 hingga 4, dengan 0 sebagai stadium paling awal.

Bagaimana pengobatan lentigo maligna melanoma?
Perawatan yang paling umum untuk lentigo maligna melanoma adalah dengan menghilangkannya dengan pembedahan. Lentigo maligna melanoma lebih mungkin untuk kembali daripada beberapa jenis kanker kulit lainnya, jadi dokter Anda mungkin juga menghapus beberapa kulit di sekitar tempat untuk mencegah hal ini. Jika menyebar ke kelenjar getah bening Anda, dokter Anda dapat memilih untuk menghapusnya juga.

Jika Anda memiliki kondisi lain yang membuat operasi berbahaya, dokter Anda dapat merekomendasikan terapi radiasi , cryosurgery , atau imiquimod topikal (Aldara, Zyclara). Lentigo maligna melanoma lebih mungkin untuk kembali setelah perawatan non-bedah daripada setelah perawatan bedah, jadi penting untuk secara teratur menindaklanjuti dengan dokter Anda dan memantau daerah yang terkena untuk setiap perubahan.

Subscribe to receive free email updates: